بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Ayruel Blog(Hak Cipta Milik ALLAH…silahkan copy paste…)

Memahami Hukum Perang Dalam Islam

Posted by Ayruel pada 23 Februari 2009

bismillahirrohmanirrohim

Asaalamu Alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh…

Alhamdulillahi robbil alamin,wassholatu wassalamu ala asrofil anbiya’iwal mursalin wa ala alihi wa sohbihi ajma’in.

Amma ba’du…

Setelah sekian lama berdikusi di antara blogger…antara lain : Agorsiloku,Haniifa,Itmam,Wedul,Myrazano,Adi Isa,dll dan lawan diskusi ngetop : Kosongan.

Akhirnya saya putuskan juga membuat postingan ini.Saya bukan mufassir,bukan penerjemah,bukan ahli bahasa dll(siapa yang mau mengakui dirinya mufassir).Akan tetapi akan saya coba memahami perintah yang ada di dalam Alqur’an tentang Perang(kalau perintah berarti wajib dilaksanakan)…Saya takkan menuliskan terjemahan Alqur’an(menimbang terjemahan takkan sempurna dari bahasa asli Alqur’an)…jadi bagi anda yang tak mengerti bahasa arab,maka coba buka terjemahannya,tafsir,asbabun nuzul dll.Pemahaman ini murni hasil pemikiran dari saya,dibantu teman2 tempat bertanya di antara blogger2 tersebut.Bertujuan untuk mehilangkan kerancuan non muslim memahaminya.

Ingat !!! Perang bukan dalam konteks membunuh saja,ada perang melawan kemungkaran,maksiat,hawa nafsu dll.

Inilah Ayat2 tentang perang (mungkin ada yang tak tercamtumkan)

1.Q.9:123

9123

Di ayat ini sangat jelas bahwa perintah ini buat orang2 beriman.Perintahnya memerangi orang2 yaluunakum atau menguasai(mempengaruhi) orang2 beriman dari jalan2 kekuffaran atau keengkaran(singkat makna : mehalang-halangi untuk mentaati perintah ALLAH atau juga untuk meninggalkan laranganNYA) serta walyajidu atau menemui atau memakai atau dgn tekhnik Kekerasan…Bukan memerangi Non muslim(konteksnya sangat jelas kok)

Perang dalam konteks di ayat ini : seandainya ada yang mehalangi atau melarang kita beribadah pada ALLAH dengan paksaan atau juga kekerasan yang dipolitiki…Hukum perang WAJIB.Baik itu memerangi dgn lisan atau tangan atau juga menolak di hati.Biasanya kondisi seperti ini,terjadi pada golongan non mukmin(termasuk islam KTP) mempunyai kekuasaan terhadap Mukmin.Contoh : anak muda yang mabuk2an di depan masjid,main gitar di depan majlis,Mobil atau motor ngebut dengan Knalpot nyaring melewati pemukiman orang2 mukmin,acara2 TV yang merusak akidah dll.

2.Q.8:12

812

Kalau anda baca terjemahannya,mungkin anda kaget’ karena terjemahannya terkesan sadis…itu dikarenakan tak membaca ayat sebelumnya.Ok…Ayat ini menjelaskan cara berperang di dalam berperang(perang badar).Faddribu fauqol a’naqi bermakna Pukul bagian atas leher bermaksud untuk membuat pening lawan,bukan tusuk dgn pedang kalau tusuk, itu bermaksud bunuh.Setelah itu Wadribu minhum kulla banaanin bermakna Pukullah olehmu dari mereka(Minhum dikembalikan pada Faddribu fauqol a’naqi) Setiap anak jari2 mereka bermaksud lumpuhkan untuk tak memegang senjata lagi….Tapi sebenarnya ayat ini adalah bermakna Qiyas…yaitu pukul atau gertak atau beri peringatan pada fauqol a’naqi atau komandannya.maka pukul,gertak atau beri peringatan pada anak buahnya.So..ayat ini bermakna ganda..mungkin lebih dari sepengetahuan saya..inilah kehebatan ALLAH dalam menyampaikan FirmanNYA.Dalam keadaan perang pun masih melumpuhkan malah ini fi’lul amri…afala ta’qiluun….

3.Q.9:5

95

Sepintas terjemahannya begitu sadisnya terasa…padahal itu disebabkan karena kita tak membaca ayat sebelumnya dan ayat sesudahnya ditambah dengan terjemahan yang masih jauh dari kesempurnaan.Kembali ke konteks sebelumnya bahwa perang bukan dalam arti Membunuh.Perintahnya memerangi kemusrikan(biasanya sirik bukan saja pada non muslim tapi malah lebih banyak pada muslim).Perintahnya untuk : ilal lazdina ahadtum(baca ayat pertama surat At taubah) orang2 yang berjanji .sebab perperangan : baca ayat 7 sampai 15 surat At Taubah.Inti sebabnya adalah :musrikin mengindahkan perjanjian,merusak persahabatan,munafik iya di mulut tidak di hati dan perbuatan,mengusir muslimin dari arealnya,dll.Kejadian ayat itu : sebelumnya umat islam masih patuh pada perjanjian,walau kaum musrikin sudah berkali2 melanggarnya.padahal dengan perjanjian sudah dilanggar oleh musrikin otomatis perjanjian batal.maka turunlah perintah ini untuk bagaimana umat islam bersikap.Sejarahnya dalam fathul makkah ,Nabi masuk makkah secara damai dan tak ada Musrikin yang sanggup memerangi untuk angkat senjata.Baca sejarah Fatthul Makkah.Kayaknya Hukum perang disini sudah jelas kok….begitu juga ayat selanjutnya  Q.9:14

4.Q.2:191

2191

Kalau hanya memahami ayat ini…anda mungkin ngeri akan ayat ini…Untuk memahaminya baca ayat sebelumnya dan sesudahnya…Disitu sangat jelas jika kita diperangi….yach jelas maka perangi…bukan menunggu dibantai toch…dan jika mereka tidak lagi memerangimu (baca ayat selanjutnya) atau memusuhimu maka tidak ada permusuhan lagi..ayat albaqarah 193 .kayaknya Hukum perang di ayat ini atau di kondisi kita diperangi sudah jelas bagi anda semua…

Mungkin hanya sekian dulu yang dapat saya uraikan ,mohon kritik dari teman2 semuanya,kalau ada salah saya dalam menuliskan atau memahami tolong dikoreksi bersama…Wabillaahi taufik wal hidayah Wassalamu alaikum warohmatullohi wabarokatuh…

tentara-salib

30 Tanggapan to “Memahami Hukum Perang Dalam Islam”

  1. Plesetan said

    Kalau kristen atau non muslim memang rata2 menterjemahkan ayat sepotong2.Huah”””ternyata banyak di situs Non Muslim yang memplesetin.artikel ini berguna untuk memahami alqur’an,ternyata agak susah memahaminya,karena terjemahannya nggak ada.gue nggak ada terjemahan alqur’an nih.ya cuma baca2 doang untuk memahami,eit salam kenal dari plesetan bukan setan loh.

  2. Itmam Aulia said

    mohon maaf mas, belum bisa gabung diskusi… lagi nyari bahan yang valid dulu🙂 oh iya, ada baiknya disertakan terjemahan bhs indonesia versi depag, biar memudahkan pembaca. baru merambah pada penafsiran para ulama kaitannya dengan ayat ini. syukron!
    semoga Allah senantiasa memberikan petunjuk-Nya kepada kita pencari kebenaran.

    • @Plesetan
      Memang terjemahannya nggak ada,,,biar pada buka Alqur’an semuanya…dowload disini kalau nggak ada terjemahannya…filenya kecil kok
      @Itmam
      Bukannya nggak mau mencamtumkan terjemahannya,,kalau dibandingkan terjemahan depag dengan keluaran terjemahan king saudi..agak jauh beda pola bahasanya…terjemahan depag terlalu kasar dan sadis gaya bahasanya…cuma sayang terjemahan keluaran arab saudi belum ketemu linknya,,mohon info..
      Semoga ALLAH juga melimpahi Hidayahnya pada kita bersama dan terus berkelanjutan hendaknya..amiin
      yach buat macing umat islam dan non muslim biar pada buka Alqur’an…..hhhh

  3. kweklina said

    kalau menurut saya,, kuat kan iman, orang lain tak bisa dipersalahkan…yang penting kita teguh pada keyakinan masing-masing.

    maaf saya juga ngak bakalan bukan alQuran…dan ngak mungkin terpancing…

    karena katang “memancing”…kayaknya gimana begitu hehehe…

    semoga agama seperti indahnya warna pelangi, bisa hidup bersama tanpa ada yang dirugikan ataupun merugikan.

    agama juga tak bisa dipaksa, karena ada dalam hati setiap inzan.

    apapun alasan perang saya kurang setuju…kalau kita tidak suka dengan gaya bicara orang lain, ataupun tidak cocok saya lebih baik menghindar, tutup mata , tutup telinga.

    dan mari kita saling menjaga kata, mulut, mata, hati, pandangan dan menunjukan kebaikan, ketulusan, kedamaian, dalam perbuatan, tingkah laku karena kita semua tak ingin dunia dalam permusuhan, pertikaian dan semoga dunia bisa damai.

    dan mari kita sama-sama belajar mencari kebaikan, kebenaran tanpa perang, pertengkaran, pertikaian dan permusuhan.

    semoga dalam dunia blog kita bisa berdiskusi dengan kepala dingin, hati teduh dan perkataan yang bijaksana.

    salam hormat buat pemilik blog keren ini.

  4. @kweklina

    membiarkan prilaku kejahatan atau tindak penganian pada kita atau masyarakat,sama saja dengan merestui kejahatan…mungkin lebih jahat yang mengetahui kejahatan ketimbang pelaku kejahatan yang tak tahu akan apa itu kejahatan…dikarenakan tak menegur(bahasa compleksnya Perang)saudara pelaku kejahatan…
    Sekali lagi saya tuliskan di dalam posting di atas :
    Ingat !!! Perang bukan dalam konteks membunuh saja,ada perang melawan kemungkaran,maksiat,hawa nafsu dll.o..ya ..saran membuka Alqur’an bagi yang ingin mengetahui kebenaran aja kok…bukan bagi yang ingin masuk islam..

    Perang bisa dgn tangan,lidah,dan menolak di hati serta mendoakan …
    Tergantung situasi….di Islam ..perang mengangkat senjata takkan ada…jika seandainya Islam tak diperangi dengan senjata….
    mungkin segitu dulu ,,kalau ada yang kurang jelas ,tanyakan saja…

    salam hormat juga buat kweklina…

  5. Plesetan said

    gue jadi ingat perang salib,gara2 nich penulis postingnya ada gambar tentara salib.tentara salib menguasai yerusalem dengan tumpahan darah orang2 islam,sebaliknya islam menguasai kembali yerusalem dengan memberi kebebasan pihak nasrani untuk ke yeruslaem.gue nggak abis pikir nich,kayaknya sejarah akan berulang kembali.jadi ingat 3G eropa menjajah.kayaknya mesti siap2 nich,belajar dari sejarah.wach koment gue nggak nyambung ya ama postingnya,ma’ap dech

    @plesetan…
    wach jangan nebar kebencian…ntar disangka islam penebar kebencian…
    hhhh..tapi makasih commentnya…

  6. adi isa said

    “saya menyatakan perang bagi orang yang melarang saya beribadah secara dinul islam”

    catatan:
    perang disini bisa berarti dengan debat..
    heheheehe

    @adi isa…
    wach…ntar dibalik begini bang…orang beribadah menggangu kebebasannya,,makanya diproklamirkan memerangi orang beribadah…hhhhhh

  7. kweklina said

    Semoga perang yang dimaksud adalah anjuran, nasehat ataupun diskusi…🙂

  8. kweklina said

    balik lagi…

    tapi gambarnya itu…aduh kok pakai gambar tentara salib. Migren

    apakah ada maksud ingin memancing ….hikz…

    jangan sampai deh…semoga dunia masih tetap nyaman untuk dikusi, penuh kerabatan, persahabatan dan kehangatan tanpa pandang ras, agama, suku, status.🙂

    semoga kita tetap damai ya…tetap berdiskusi dengan berkepala dingin apapapun masukan ataupun komentar yang datang😀

  9. @kweklina

    gambar itu bukan bertujuan perintah…
    tapi mengingatkan akan sejarah…kalau perintah maka gambarnya gambar perang masa kini…dgn latar mengangkat senjata…
    gambar tentara salib…mengingatkan kita pada roman wajah2 tentara betapa lusuh,bertanya,tak tahu ..akan apa yang mereka hadapi tujuan dan hasil apa..
    kira2 gitu dech…

  10. kira said

    aq tak bisa berkata2x tapi islam is the best pokoqnya agama aling keren di dunia…….jahhh sok gaulll (namanya ank muda hehe)
    sebagai umat muslim kita harus berpegang teguh pada al-quran dan al-hadis serta jangan lupa aqidah kita dengan syariat2x islam tentu saja
    pokoqnya secara gaul islam keren bngetzzzzz getuw lowhhhh

  11. @Kira
    Makasih kunjungan dan supportnya…cool man

  12. gilang mahardika said

    yoiihhh,, kalo kata soekarno,, ambil pikiran kita ber diplomasi.. kalo kata postingan enih,, ambil pedang serbuu…
    jahahhaa.. =))

  13. @gilang
    mana?…jgn memalukan nama anda sendiri ..(saran buat anda)

  14. Bossmu said

    @ Ayruel Chana

    Ass.wr.wb.
    Salam Kenal,,,, artikel anda patut disodorkan kemulut si Jelas Nggak yang merupakan tentara salib di Milis,,,,,

    Www.
    M. Irsyad RP

  15. jelasnggak said

    He he he.

    Ini maap ya..

    Kalau saya kesini cuman ingin senang-senang..

    melihat tingkah laku kalian dan cara kalian mikir… sungguh lucu sekali….

    (ibarat melihat anak 1 tahun baru belajar jalan.. lucu kan.. kicu kicu… tang ting ..ting tang ting dul.. tang kiting-kitang kidul…gitu kira2.. he he)

    Semoga kalian semua bertaubat dan menerima Yesus menjadi Juru selamat pribadi.

    Yey YESUS!!..

    Amin-amin ya YESUS al AMINNN.

  16. iday said

    @nggak jelas : saya yakin anda menulis posting dengan hati gemetar dan gelisah… ow, ow, ow

  17. Mawardi said

    Salam Ukhwah selalu, postingan anda begitu bermanfaat. membantu saya untuk menjelaskan kepada si Kafirun tentang plesetan ayat2 Tuhan. ^_^

  18. ardi said

    umat islam diuji dalam imannya… agar menjadi yang terbaik membela yang benar….amin amin…amin….

  19. kusir dari affi said

    wah bro artikel bagus

    bisa ditambah jawaban fitnahan FFI nya dunk

  20. wans said

    agama tdk bisa dilepaskan dari perilaku kehidupan. Menikah, makan, minum, sebelum kerja senantiasa manusia mengingat Tuhannya. Lalu soal pertikaian (perang) perlukah diatur? TENTU PERLU dan HARUS! Agama yg lengkap dan untuk SELURUH UMAT adalah ISLAM

  21. joko said

    ULANGAN;
    13:6 Apabila saudaramu laki-laki, anak ibumu, atau anakmu laki-laki atau anakmu perempuan atau isterimu sendiri atau sahabat karibmu membujuk engkau diam-diam, katanya: Mari kita berbakti kepada allah lain yang tidak dikenal olehmu ataupun oleh nenek moyangmu,

    13:7 salah satu allah bangsa-bangsa sekelilingmu, baik yang dekat kepadamu maupun yang jauh dari padamu, dari ujung bumi ke ujung bumi,

    13:8 maka janganlah engkau mengalah kepadanya dan janganlah mendengarkan dia. Janganlah engkau merasa sayang kepadanya, janganlah mengasihani dia dan janganlah menutupi salahnya,

    13:9 tetapi bunuhlah dia! Pertama-tama tanganmu sendirilah yang bergerak untuk membunuh dia, kemudian seluruh rakyat.

    13:10 Engkau harus melempari dia dengan batu, sehingga mati, karena ia telah berikhtiar menyesatkan engkau dari pada TUHAN, Allahmu, yang telah membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan.

    13:11 Maka seluruh orang Israel akan mendengar dan menjadi takut, sehingga mereka tidak akan melakukan lagi perbuatan jahat seperti itu di tengah-tengahmu.

    13:12 Apabila di salah satu kota yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk diam di sana, kaudengar orang berkata:

    13:13 Ada orang-orang dursila tampil dari tengah-tengahmu, yang telah menyesatkan penduduk kota mereka dengan berkata: Mari kita berbakti kepada allah lain yang tidak kamu kenal,

    13:14 maka haruslah engkau memeriksa, menyelidiki dan menanyakan baik-baik. Jikalau ternyata benar dan sudah pasti, bahwa kekejian itu dilakukan di tengah-tengahmu,

    13:15 maka bunuhlah dengan mata pedang penduduk kota itu, dan tumpaslah dengan mata pedang kota itu serta segala isinya dan hewannya.

  22. hmmmm kok ada gambar begituan…

    hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: