بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Ayruel Blog(Hak Cipta Milik ALLAH…silahkan copy paste…)

Membelah Bulan?

Posted by Ayruel pada 12 Maret 2011

Assalamu Alaykum Warohmatullohi wabarokaatuh..

Alhamdulillah…setelah lama tidak memposting akhirnya bisa kembali walaupun masih copas sana sini.Baiklah langsung saja kita menyimak ayat berikut ini :

 

Telah dekat (datangnya) saat itu dan telah terbelah bulan. (QS Al Qamar: 1)

Kata ‘terbelah’ yang digunakan di ayat ini berasal dari kata dalam bahasa Arab, syaqqa, yang mempunyai berbagai makna. Dalam sejumlah tafsir atas ayat Al Qur’an ini, makna ‘terbelah’ lebih tepat. Tetapi kata syaqqa dalam bahasa Arab dapat juga berarti ‘membajak’ atau ‘mencangkul’ tanah.

Untuk contoh pertama, kita dapat merujuk ayat ke-26 Surat Abasa:

Sesungguhnya Kami benar-benar telah mencurahkan air (dari langit), kemudian Kami belah bumi dengan sebaik-baiknya, lalu Kami tumbuhkan biji-bijian di bumi itu, anggur dan sayur-sayuran, zaitun dan kurma. (QS ‘Abasa: 25-29)

Jelas terlihat bahwa makna syaqqa di sini bukanlah ‘membelah.’ Kata ini berarti membajak tanah untuk menumbuhkan berbagai tanaman.sumber : adiwarsito

hmmm .. trus bagaimana dengan kabar dari vivanews

sedikit saya kutip :

——————————

Kini, ilmuwan sedang mengembangkan prototipe ‘greenhouse‘ atau rumah kaca untuk bercocok tanam yang bisa jadi kunci untuk menumbuhkan bahan makanan segar dan sehat di Bulan, atau bahkan di Mars.

Proyek yang dikerjakan peneliti di Pusat Pengendalian Lingkungan Agrikultur (CEAC) University of Arizona adalah bagaimana menumbuhkan tanaman tanpa media tanah.

Bahan makanan seperti kentang, kacang, tomat, cabe, dan sayur-sayuran bisa tumbuh di media air alias hidroponik.

Apa bedanya dengan pertanian hodroponik di Bumi?

Tim ini membangun prototipe rumah kaca Bulan di Laboratorium Iklim Ekstrem CEAC — yang direpresentasikan dengan struktur beberapa tabung.

Tabung-tabung ini akan dikubur di bawah permukaan Bulan. Tujuannya, melindungi tanaman dan astronot dari jilatan api Matahari yang mematikan, micrometeorites dan sinar kosmik. Juga melindungi tanaman dari radiasi mematikan.

Ini jelas beda dengan rumah kaca konvensinal yang terpampang untuk menerima sinar matahari dan panas.

Canggihnya, modul rumah kaca yang dilapisi membran bisa ditempatkan di disk selebar 4 kaki untuk memudahkan perjalanan antar planet.

Juga akan dilengkapi dengan lampu uap sodium khusus yang didinginkan dengan air,  dan amplop panjang yang berisi benih dan kecambah tanaman hidroponik.

“Kita bisa menyebarkan modul dan membuat air mengalir ke lampu hanya dalam waktu sepuluh menit,” kata Phil Sadler, direktur  Sadler Machine Co — yang mendesain dan membangin rumah kaca Bulan.

“Hanya sekitar 30 hari kemudian, Anda akan memiliki sayuran segar yang siap dimakan,” kata dia, seperti dimuat situs Space.com, Selasa 19 Oktober 2010 malam.

Modul ini bergantung pada komponen robot untuk bercocok tanam sistem organik ini.

Namun, “kami ingin sistem ini bisa beroperasi sendiri,” kata Murat Kacira, profesor teknik pertanian dan biosistem di Universitas Arizona.

————–

semoga bermanfa’at

Wassalam

28 Tanggapan to “Membelah Bulan?”

  1. Caknoen said

    apa bintang film blue ada di bulan..??

  2. jelasnggak said

    Menurut ayat itu…….
    siapakah yang telah membelah bulan…?
    Pilih salah satu:
    1. Awloh
    2. mahluk luar angkasa
    3. Utsman
    4. Muhammad
    5. Aisyah

    • @jelasnggak

      yang jelas itu bukan si jelasnggak.
      masa’ pertanyaan dipaksakan salah.ok sebelum saya menjawab, dikau jawab dulu pertanyaan ku yang mirip pertanyaan mu ..untuk mengukur kepintaranmu.yach maklumlah..buat apa saya menjawab seseorang yang tidak patut dijawab contohnya orang 2 di RSJ.nich pertanyaannya :

      pilih salah satu (wajib)
      1 + 1 + 1 =

      A.Kebodohan
      B.Tipuan
      C.Tiang Salib
      D.Kidung Agung
      E.Paulus Botak

      udah segitu aja dulu.

  3. Samaranji said

    Assalamu’alakum…

    Maaf, apakah postingan mas ayruel di atas menginterpretasikan adanya “indikasi” bhw ter”belah”nya bulan belum terjadi ?.

    TELAH DEKAT (datangnya)…

    • @samaranji
      Assalamu alaikum

      Mengingat ayat itu Wansyaqqa adalah fi’lul maadi.itu mengartikan sudah .tapi karena dimulai dgn iqtarobatissaa’atu.adalah menjadi pr kita bersama.sampai sa’at ini saya masih berpikir ,saat(saa’atu) apa yang dimaksud oleh ALLAH.kalau melihat ayat2 selanjutnya,saa’atu itu tidak menjelaskan saat kiamat terjadi.coba liat ayat yang ke dua…

      54-2. Dan jika mereka (orang-orang musyrikin) melihat suatu tanda (mukjizat), mereka berpaling dan berkata: “(Ini adalah) sihir yang terus menerus.”

      lihat …terus menerus (mustamirrun).Kelebihan Nabi Muhammad SAW.sampai sa’at ini Mukjizatnya masih bisa diliat.walaupun orang2 musrik menganggap sihir(trick,metode,teknik,dll).

      yach… bagi saya Setiap Ayat2 Alqur’an ,bukan saja berguna atau hanya untuk yang di zaman Nabi.Kelebihan Alqur’an ialah tidak lapuk oleh zaman .Alqur’an itu Multi Tafsir yang tidak bertentangan.ALLAHU AKBAR.
      Alhamdulillahirobbilalamin.Pujian hanya milik ALLAH Pengatur Semesta alam.baik ditafsirkan alam zahir maupun alam bathin.

      semoga bermanfaat
      Wassalam

  4. Samaranji said

    @ mas ayruel.
    Wa’alaikum salam,

    subhanallah,,,
    emang sih, jika waqaf (berhenti) pd ayat 1 akan menghasikan interpretasi sbgmana yg sy pahami dr post di atas, namun hal itu takkan tjd jika washal (melanjutkannya) pd ayat ke 2,

    alhamdulillah, terimakasih informasi n konfirmasinya.

    • @samaranji

      Pernah dengar nabi musa membelah lautan? maksudnya bukan dipotong 2 loch… kalau kita sedikit lebih teliti..akan terasa kekaguman yang luar biasa.di zaman nabi muhammad mukjizat itu diberikan ALLAH.di zaman sekarang ..jika kita sedikit teliti.. Insya ALLAH masih bisa kita menikmati mukjizat ini.

  5. jelasnggak said

    Telah dekat (datangnya) saat itu dan telah terbelah bulan. (QS Al Qamar: 1)
    Dan jika mereka (orang-orang musyrikin) melihat suatu tanda (mukjizat), mereka berpaling dan berkata: “(Ini adalah) sihir yang terus menerus.”
    ————————————————-

    Ngikik.com.

  6. Roy Rey said

    Gelar tiker ahhh…

  7. Samaranji said

    @ Mas Ayruel

    Assalamu’alaikum,,,
    Mohon ijin ngelink blog panjenengan ini ya mas.

    O iya, saya kedatangan “tamu” dari malaysia. Keknya karena kendala bahasa jadi seperti ada misinterpretasi dan kesalah pahaman deh, mas ayruel kan juga biasa pake bahasa melayu, jika berkenan mohon kami difasilitasi atau ditengahi dunk, sekalian ingin tahu pandangan mas ayruel tentang “teori konspirasi” http://debu-semesta.blogspot.com/2011/03/teori-konspirasi-ah-teori.html

    Makasih

  8. siam hidayat said

    dalam Al Quran (dapat diartikan berbeda kabar, kabar gembira, surat, seruan, perintah dll)
    yg penting bagaimana kita memaknai

  9. yuli said

    subhanalloh sangat menakjubkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: