بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Ayruel Blog(Hak Cipta Milik ALLAH…silahkan copy paste…)

Zikir…Kunci Ketenangan Hati

Posted by Ayruel pada 26 Februari 2009

bismillahirrohmanirrohim

Assalamu Alaikum Wr Wb

Pada kali ini saya akan coba menguraikan Obat Hati,walau kita umat islam sudah mengetahui bersama bahwa obatnya hati agar tenang adalah Zikir(ingat)ALLAH.Penulis hanya sekedar mengingatkan…Dalilnya adalah :

ar-rad-28

Maknanya(pendekatan) :

28. (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.

Ngomong2 ama ketenangan atau ketentraman jadi ingat ayat :

al-fajr-27

27. Hai jiwa(nafsu,diri) yang tenang.

Sebagai mana kita ketahui juga bahwa ada nafsu Muthmainnah.Lawwamah,Amaroh.Untuk melatih ke Muthmainnah hanya zikir obatnya …Nich tips dari penulis mengetahui test posisi nafsu ,apakah di Muthmainnah,lawwamah apa Amaroh…

kita ambil contoh nafsu (kehendak atau keinginan,diri,jiwa dll) yaitu nafsu Makan…

Coba diurut makannya dari perlahan-lahan,santai rileks,jerih,adem ayem,tak banyak pikiran,lebih banyak diam,tetap zikir pada ALLAH.bisa dikembangkan?

Selanjutnya anda coba makan sedikit cuek tak karuan,merasa terpaksa makannya,rada2 malas,banyak khayalan ini itu,agak sedikit cepat makannya dari yg pertama,merasa nikmat dunia,ketawaain semua orang2 yang dirasa salah,segitu dulu dech..kayaknya cukup.

seterusnya anda coba makan yang rakus,cepat seperti kemasukkan setan,bawaan kesal aja,semua pendapat orang salah,marah2 kapan perlu membanting piring,gelas dll.asal jangan dimakan juga tuch Piring.hhhhh

Test ya…rasakan hati yang berubah-rubah(Muqollibul Qulub)

Saran: kalau dach tahu atau kenal posisinya…maka selalu tempatkanlah di Muthmainnah pada setiap saat,dimana saja.walau sambil berjalan tetap zikir,walau dalam kerja tetap zikir,malach dalam mengobrol tetap zikir..oh ya dimana saja,cuma ada tempat2 tertentu yang tak boleh di lafadzkan,yang berzikir kan Hati…

oh ya..Muthmainnah itu susah ke indonesianya..dibilang ketenangan atau ketentraman ..malach lebih dari itu nilai makna Muthmainnah.Zikir yang bagus nich LA ILAHA ILLA ALLAH.Atau ALLAH saja Boleh tuch.

Agar tak rancu atau jadi bahan kontroversi olech pihak tak bertanggung jawab..

Nafsu : Komponen manusia selain akal

Qulub : Komponen/sytem kerja/terletak di Nafsu

Simple contoh perumpamaan begini :Menuliskan posting ini saya apa jari saya??? dua2nya betul yach..???

Perlu di ingat : Saya tidak mengatakan Qolbun(Hati) yang ada pada Tubuh,sampai saat ini belum nemu dalil alqur’an yang mengatakan Qolbun fi jismi(hati pada tubuh).Selain Qolbun(Hati) ada juga Shodrun or shuduurun, sering ditemui seperti ini : Bi Dzatis shuduur.Yang mana saling erat terkait dgn Qolbun,hingga ke kategori Nafsu.

Harap koreksi dari saudara seiman dan teman2

Wallahu a’lamu bishowab

Wassalam dan semoga bermanfaat

15 Tanggapan to “Zikir…Kunci Ketenangan Hati”

  1. Plesetan said

    Artikel lu boleh juga bro.cuma lu udach nge clear semua masalah.yach mao comment apa orang2

  2. @plesetan

    artikel ini jauh dari kesempurnaan tentunya..oh yach …walau saya liat nggak seberapa comment di blog saya…buat saya dibacanya artikel ini oleh umat,Alhamdulillah itu lach dakwah..udach di view 161 artikel ini ketika comment ini saya buat.Alhamdulillah

  3. agorsiloku said

    Asyik… ini bahasan yang cantik… agor jadi dapat belajar deh… Yang agor pahami, Nafsu itu adalah “something” yang mengajak kepada keburukan; kecuali yang “nafsu” yang dirahmati oleh Allah. (QS 12:53).
    Dengan kata lain, nafsu butuh dikendalikan, zikir jadi obatnya karena nafsu menghendaki pemuasan keberulangan dalam ragam tingkah kehidupan.

    Hati adalah tempat diilhamkan kebaikan dan keburukan. Dipahamkan ke dalam dada manusia, ada segumpal daging jika ia buruk maka buruklah, jika baik maka baiklah…. Kalbu dalam logika ini ada dalam dada manusia.

    Otak manusia dikenali sebagai tempat mengolah segala masukkan, proses indrawi dan persepsi yang dibaca oleh jiwa manusia…

    Wah.. time is up… nanti dilanjutkan ya…😀

  4. @pak agor

    wach…makasih…masukkan berharga buat saya.
    itu hadist..wach kok bisa lupa yach…yapc qolbu di dada.
    kasich masukkan lagi donk pak agor..
    tapi saya belum menerima yang berpikir itu otak pak agor.rasanya kok rada2 sama ama hewan yach.

  5. agorsiloku said

    Otak manusia dikenali sebagai tempat mengolah segala masukkan, proses indrawi dan persepsi yang dibaca oleh jiwa manusia –> maksud agor di sini, segala fungsi-fungsi indrawi (fisik) yang diproses oleh otak. Agor belum menyampaikan sebagai berpikir. Tapi tempat mengolah segala proses indrawi dan persepsi. Kalau dalam HY, dijelaskan gambar burung ditangkap otak, maka sinyal elektronik yang diterima mata, diproses menjadi data digital, data digital itu kemudian membentuk gambar (gambar digital dalam otak manusia). Gambar digital dalam otak itu dibaca oleh jiwa manusia.
    Proses berpikir, dalam pemahaman agor, adalah interaksi antara jiwa dan otak manusia yang memproses semua persepsi indrawi yang diterima tubuh. Proses itu disimpan dalam memori fisis manusia. Hati adalah bagian tubuh yang juga memproses pembacaan otak. Namun, pada saat yang sama hati juga tempat melakukan hubungan kausalistik antara manusia dengan Sang Pencipta (diilhamkan kebaikan dan keburukan).

    Tentu saja otak juga menjalankan fungsi-fungsinya secara otomatis, misalnya mengolah makanan dalam perut, mengatur kemunculan hormon-hormon, dan lain-lain seperti yang dijelaskan di dunia kedokteran. Otak adalah processor intel buatan Sang Maha Kuasa.

    Apakah ilham bisa ditanamkan kepada otak? Agor tidak tahu juga, Allah mewahyukan kepada lebah (QS 16:68) untuk bersarang. Dimanakah perintah itu ditanamkan?. Boleh jadi ke dalam otak, ataukah dalam hati lebah?. Atau kepada virus, tentu dalam susunan yang lebih simpel lagi. Atau kepada sebuah atom, tentu lebih simple, meski bagi ilmu pengetahuan adalah kerumitan tersendiri.

    Sampai di sini pengetahuan manusia.

    Ketika manusia mati dan masuk alam kubur, Allah menjelaskan melalui AQ bahwa mendapatkan kebahagiaan, tidur, atau derita (seperti Fir’aun). Ini juga menjelaskan bahwa jiwa menyimpan semua pengalaman kehidupan.

    Kata di dalam dada, bukan (hanya) hadis. AQ menjelaskan lebih jelas dan jernih dan dalam banyak ayat juga.

    Sedang qulub, agor lebih memahaminya sebagai hati, sedang qalb yang katanya sih menurut bahasa artinya bolak balik, maka dapat dipahami proses keberimanan ada dalam kalbu manusia. Jadi, agor memahaminya qalbu memang sebagai tempat diilhamkan kebaikan dan keburukan (bolak balik), menyifati keadaan/kondisi dari hati.

    Kalo begitu, memang semestinya kita tidak memisahkan antara hati dan otak pemroses… dan fungsi pembacaan oleh jiwa manusia.

    Salam, agor… koreksi lagi ya bila keliru.

  6. Assalamu alaikum
    @pak agor

    Udach 3 x dibaca bolak balik ..cuma yang ini aja ketemu yang agak nyangkut.
    qolbun jama’nya qulub.
    kira2 ghitu.jadi kalo qulub bermakna pada komponen tubuh.sedangkan qolbun pada yang bukan jasad.
    Kayaknya kebalik pak agor..Muqolibul qulub bukan muqollibul qolbi.
    gimana pak agor..begitukah?

    Wassalam

  7. shahil said

    Assalaaamualaikum dan salam hormat.

    Kita ambil sistemtika mudah-mudah aja…

    Hati sebagai raja, jasad sebagai negara, anggota sebagai tentera. Baik raja maka baiklah tentera maka sejahteralah negara.

    Hati dalam bahasa Malaysia dan Indonesia. Qalbi pula dalam baahsa Arab asalnya. kata terbitan darinya adalah menunjukkan fungsinya aja.

    Nafsu adalah sedefinisi dengan hati pada hakikatnya. Awal nafsu orang awam ialah ammarah. Mula berubah melalui sistem amaran lawwamah, dan melewati pagar mulhimah, dan akhirnya tamkin pada mut’mainnah. Radhiah, mardiah dan kamaliah adalah hujung-hujungnya.

    Zikir adalah alat berusnya. Memberus ammarah supaya minggir bagi timbul kembali mutma’innahnya. Bukankah manusia itu lahirnya suci? Bukankah dalam rahim ia sentiasa berzikir “ah…ah”?

    Capek sekali menuliskan hal hati ini kerana memungkinkan munculnya jazbah…

    Wassalam

  8. kangBoed said

    Hidup hanyalah satu tarikan nafas..
    Mau sakit atau sehat selama masih bernafas itulah hidup
    Nafas adalah bukti dan saksi ALLAH
    indahnya jika setiap tarikan nafas kita..
    dalam berdiri, duduk dan diam…
    sudah terisi zikrullah..
    rasa ingat yang tiada lupa..
    itulah jiwa jiwa yang tenang
    Salam Sayang

  9. ersan said

    Mohon izin untuk di copy paste, agar dijadikan bacaan dan amalanku, semoga Allah SWT membalas dengan pahala yang berlipat ganda amin, dan kita selalu dalam lindunganMya.

  10. siti nyur said

    alhmdulillah, setlah saya membaca web anda , sya mjdi lebih mengert akan ketenangan hati, – @ _ @

  11. adib said

    kadang 2 begitu tenang dan ikhlas dalam hidup ini, kadang2 seakan kosong dan hampa. (jadinya kok curhat). trimakasih artikelnya bro.

  12. alhamdulillah….

    luar biasa artikelnya..

    kesimpulannya zikir adalah obat hati ya ?

    woke, perlu di terapkan tuh

  13. heri khariri said

    ya makasi akn ak coba., smga brmanfaat buat ak.,

  14. semoga manfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: